Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Ekonomi Kelas X Bab 2 Masalah Ekonomi dalam Sistem Ekonomi ~ Sekolahmuonline.com

Rangkuman Ekonomi Kelas X Bab 2 Masalah Ekonomi dalam Sistem Ekonomi. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan Rangkuman mata pelajaran Ekonomi untuk adik-adik Kelas 10. Kali ini sajian Rangkuman atau Ringkasan Ekonomi Kelas 10 Bab 2 Masalah Ekonomi dalam Sistem Ekonomi.
Rangkuman Ekonomi Kelas X Bab 2 Masalah Ekonomi dalam Sistem Ekonomi

Pembahasan Ekonomi bab 2 ini meliputi tiga pembahasan, yaitu: Masalah Ekonomi, Sistem Ekonomi, dan Sistem Ekonomi Indonesia.

Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 2 Masalah Ekonomi dalam Sistem Ekonomi


Oh ya, untuk mempermudah navigasi Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 2 ini, pembaca dapat melihat daftar isi di bawah ini. Tinggal Klik SHOW saja. Maka daftar isi seluruh rangkuman pembahasan dapat Anda lihat.


Jika ingin loncat langsung ke rangkuman pembahasan tertentu, langsung klik saja judulnya. Anda akan langsung diarahkan ke pembahsan tersebut.


DAFTAR ISI (KLIK SHOW) 👇

Rangkuman Masalah Ekonomi


Secara umum masalah ekonomi dalam masyarakat muncul karena keterbatasan sumber daya untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas. Masalah ekonomi dibedakan menjadi dua yaitu: 

1. Masalah ekonomi klasik mencakup proses produksi, distribusi, dan konsumsi

2. Masalah ekonomi modern, lebih menekankan pada barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya (what), bagaimana cara memproduksi (how), dan untk siapa barang tersebut diproduksi (for whom)

Rangkuman Sistem Ekonomi


1. Suatu negara memerlukan cara tertentu untuk menjalankan perekonomian negara dan mengatasi masalah ekonomi yang muncul. Cara itu dinamakan sistem ekonomi.

2. Sistem ekonomi adalah cara untuk mengatur atau mengorganisasi seluruh aktivitas ekonomi, baik ekonomi rumah tangga negara atau pemerintah, maupun rumah tangga masyarakat atau swasta. Aktivitas ekonomi yang dimaksudkan di sini adalah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat yang meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

3. Pada dasarnya, sistem ekonomi bisa dibagi menjadi empat sistem yang mendasar, yaitu sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi pasar atau liberal, sistem ekonomi komando atau terpusat, dan sistem ekonomi campuran. Masing-masing sistem ekonomi memiliki ciri khas tersendiri dan juga memiliki kekuatan dan kelemahan.

Rangkuman Sistem Ekonomi Indonesia


1. Indonesia menganut sistem demokrasi ekonomi Pancasila, artinya kegiatan ekonomi dilakukan dari, oleh dan untuk rakyat. Pemerintah berperan sebagai pelaku ekonomi sekaligus pengatur dan pengawas kegiatan ekonomi di Indonesia. Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang. 

2. Sistem ekonomi di Indonesia berdasar pada Pancasila dan UUD 1945 Pasal 33 yang telah diamandemen.

3. Adapun kelemahan dalam sistem demokrasi ekonomi Pancasila yang harus dihindarkan adalah sistem free fight liberalism, sistem etatisme, dan monopoli

Posting Komentar untuk "Rangkuman Ekonomi Kelas X Bab 2 Masalah Ekonomi dalam Sistem Ekonomi ~ Sekolahmuonline.com"

Memuat...
close