Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Ekonomi Kelas X Bab 1 Konsep Ilmu Ekonomi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Ekonomi Kelas X Bab 1 Konsep Ilmu Ekonomi. Para pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ekonomi Kelas 10 Bab 1 Konsep Ilmu Ekonomi. 

Rangkuman Ekonomi Kelas X Bab 1 Konsep Ilmu Ekonomi

Pada pembahasan Ekonomi bab 1 ini meliputi tiga pembahasan, yaitu: Ilmu Ekonomi, Kelangkaan, dan Biaya Peluang.


Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 1 Konsep Ilmu Ekonomi

Oke, lanjut ke konten inti yang Anda cari. Oh ya, sebelumnya Untuk mempermudah navigasi Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 1 ini, pembaca dapat melihat daftar isi di bawah ini. Tinggal Klik SHOW saja. Maka daftar isi seluruh rangkuman pembahasan dapat Anda lihat.

Jika ingin loncat langsung ke rangkuman pembahasan tertentu, langsung klik saja judulnya. Anda akan langsung diarahkan ke pembahsan tersebut.

DAFTAR ISI (KLIK SHOW) 👇

KLIK SHOW/TAMPILKAN

Rangkuman Ilmu Ekonomi

1. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dan dihadapkan pada alat pemuas atau sumber saya ekonomi yang terbatas jumlahnya.


2. Pembagian ilmu ekonomi menurut Rhona C. Free dalam bukunya yang berjudul 21”Century Economics adalah ekonomi positif dan ekonomi normatif


3. Pembagian ilmu ekonomi menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague adalah, ekonomi deskriptif, ekonomi teori, dan ekonomi terapan.


4. Ekonomi teori dibagi menjadi ekonomi mikro dan ekonomi makro


5. Ilmu ekonomi syariah adalah ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas sesuai dengan ajaran dan nilai-nilai agama


Rangkuman Kelangkaan


1. Kelangkaan merupakan keadaan dimana alat pemuas kebutuhan yang ada atau yang dihasilkan setiap masyarakat kepada segenap warganya sellau kurang atau tidak sebanding dengan kebutuhan mereka

2. Faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan adalah perbedaan letak geografis, pertumbuhan penduduk, kemampuan produksi, perkembangan teknologi, dan bencana alam.

3. Kebutuhan merupakan segala sesuatu untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia

4. Macam-macam kebutuhan manusia dibagi menurut intensitas, waktu pemenuhan, sifat dan subjeknya

5. Faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan adalah pendidikan, pendapatan, perkembangan zaman, kondisi alam, adat istiadat, lingkungan dan agama.

6. Alat pemenuhan kebutuhan dibedakan menurut cara mendapatkannya, tujuan kegunaannya, proses pembuatannya, hubungan dengan benda lain dan segi jaminannya.

7. Kegunaan alat pemenuhan kebutuhan dibedakan menurut kegunaan bentuk, tempat, waktu, dan milik

Rangkuman Biaya Peluang

1. Biaya peluang adalah nilai barang atau manfaat dari suatu tindakan yang kita abaikan karena memilih barang atau tindakan lain

2. Biaya sehari-hari adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan suatu kegiatan tanpa mengorbankan kegiatan lainnya.

3. Prinsip ekonomi adalah berusaha dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil maksimal.

4. Tindakan ekonomi adalah kegiatan atau tindakan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup agar mencapai kemakmuran dengan dilandasi prinsip ekonomi.

5. Motif ekonomi adalah segala sesuatu yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan atau kegiatan ekonomi.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Ekonomi Kelas X Bab 1 Konsep Ilmu Ekonomi ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...